Back to Basic

Sejak diumumkannya hasil PLPG Tahun 2012 Rombel Pertama oleh Undiksha, dimana saya dinyatakan lulus, sejak itu pula saya tak pernah lupa mengucapkan “Astungkara” ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Ternyata perjuangan gigih dan tak pernah menyerah bisa mendatangkan hasil sesuai dengan di harapkan. Peran doa dari keluarga dan kerabat, juga teman-teman mampu membangkitkan rasa optimis dan percaya diri yang sangat tinggi, sehingga perjuangan menuju pencapaian hasil yang optimal dapat diraih.

Pasangan

Jatiluwih-Penebel Juni 2012

Mulai saat-saat dinyatakanya saya lulus Sertifikasi itu pula, saya membiasakan diri untuk menyesuaikan tugas dan kewajiban dinas saya di sekolah ke jalan yang seharusnya saya lakoni. Timbang-timbang, usia dan waktu perjalanan dinas saya sudah semakin panjang, dan menimbang juga porsi daya fikir dan tenaga yang juga sudah semakin menurun, maka saya putuskan bahwa saya harus kembali kepada beban kewajiban yang seharusnya saya laksanakan saja yang bisa saya lakukan.

Kalau dulu, saya banyak mengambil pekerjaan yang seharusnya bukan saya yang mengerjakan, maka sejak dinyatakan lulus sertifikasi tiu saya bekerja dan melaksanakan tugas sesuai dengan Job Lists (SK) yang saya terima. Bisa saya ambilkan beberapa contoh, seperti pekerjaan : membantu teman yang naik pangkat apakah dari CPNS ke PNS, atau dari Golongan III ke IV, membantu teman dalam membereskan komputer sekolah/teman yang bermasalah, menjadi tukang foto untuk sekolah, mengurusi banyak media sekolah dll, sedikit-demi sedikit saya lepas, termasuk menjadi Admin Web Sekolah bahkan banyak pekerjaan administrasi TU yang pernah saya kerjakan, pelan-pelan akan saya lepas juga.

Sebenarnya sih dalam hati yang terdalam terasa agak berat dan menjadi tidak enak melepas semua itu, tapi apa boleh buat. Jujur saya akui, terkadang walapun saya mau melakukan hal-hal yang di luar ketentuan tugas yang ditentukan SK, tapi saya tidak mendapatkan apresiasi yang setimpal secara material dan non-material. Kalau saya kasarkan, upah secara ekonomi terkadang tidak seimbang dengan beratnya pekerjaan apalagi apresisi yang bersifat motivasi semangat untuk selalu bekerja semangat, sangat jauh dari harapan. Atas pertimbangan ini jugalah, saya mulai saat ini mencoba mengembalikan semangat saya sendiri dengan melakukan tugas sesuai dengan Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah maupun oleh atasan yang lain. Toh bagaimanapun juga, ketentuan dan persyaratan sertifikasi hanya berpedoman dari Job List yang termuat dalam SK.

Dengan saya lepaskan sedikit demi sedikit apa yang selama ini saya kerjakan, teman-teman yang junior yang mempunyai semangat besar akan mau mengambil posisi saya dan bisa melakukannya dengan baik seperti apa yang saya lakukan dulu. Dan perlu juga saya jelaskan kepada para pembaca bahwa tulisan ini tidak bermaksud untuk mendeskriditkan siapapun, juga tidak mengeluhkan siapapun, ini hanya sekedar ungkapan hati saya yang terdalam dan sebuah kejujuran yang hanya bisa saya goreskan lewat tulisan.

Leave a Reply

