Ini salah siapa?

Hari ini tanggal 9 Januari 2012 pagi, seperti biasa aku menjalankan tugas untuk mengajar di Kelas 8 C pada jam 1-2. Entahlah, seperti biasa juga aku mengajar menggunakan Media LCD Projector. Sedikit aku agak terkejut, karena Projector yang biasa aku pakai itu tidak kutemukan di tempatnya. Agak teledor aku memang, karena tidak menanyakan pada penanggungjawabnya, Nyoman Kariawan atau Pak Pontra, karena dalam fikiran saya mereka pasti tahu tempatnya atau yang memakainya. Saya putuskan untuk mengambil dan memakai LCD yang satunya lagi merek SONY.

Setelah pelajaran jam 1-2 selesai, aku kembali menanyakan keberadaan LCD yang biasa saya pakai itu kepada beberapa temen di ruang Tata Usaha, dan semua menyatakan tidak tahu. Saya menjadi semakin bingung, karena beberapa waktu yang lalu LCD Projector itu sering saya pakai, bahkan beberapa bulan yang lalu saya pakai di Sanggar tempat saya memberikan pelajaran tambahan di Kampung (Galiukir). Saya mencoba mencari dan menanyakan kepada teman-teman yang lain, dan mereka semua mengatakan tidak tahu, semakin bingung lagi saya, karena takutnya teman-teman masih mengira saya yang memakai (membawa) Projector tersebut, padahal sudah saya kembalikan pada tanggal 24 Desember 2011 yang lalu.Hari semakin siang, tibalah giliran saya mengajar di Kelas 8 B, pada jam ke 4 dan 5, dan aku putuskan untuk tidak memakai Projector. Begitu oelajaran di sana usai, saya baru ketemu dengan bagian Sarana yaitu Nyoman Kariawan, dan pas di samping Bapak Kepala Sekolah saya mencoba menanyakan keberadaan Projector tersebut. Semakin terkejut saya karena ia dan beliau tidak tahu juga keberadaan Projector itu. Bagi saya ini menjadi aneh…., dan semakin aneh ketika saya juga tanyakan kepada Pak Pontra, ternyata beliau juga tidak tahu.

Alasan kenapa saya gencar dan ingin tahu sekali tentang keberadaan Projector tersebut, karena takut saya menjadi korban fitnah. Kenapa? Karena, selama ini sayalah yang paling sering memakai alat itu, kemudian sekarang alat itu tidak ada, bagaimana nanti kalau orang yang tidak senang dengan saya menuduh saya bahwa saya lah yang harus bertanggung jawab dengan alat itu? Nah inilah yang membuat saya menjadi ingin tahu yang sebenarnya siapa pemakai atau pembawa Projector itu sekarang?

Ingin saya cerita kebelakang lagi, ada sesuatu yang ganjil terlihat di forum muka Bapak Kepala dan Nyoman Kariawan pada waktu saya menanyakan alat itu kepada mereka. Mudah-mudahan ini hanya kecurigaan saya saja. Semakin saya mendesak mereka, terlihat tingkah laku bapak kepala semakin terlihat ganjil atau tidak seperti biasanya, terkesan beliaunya itu sudah tahu cuma tidak mau mengatakan kepada saya. Itu perasaan saya saja…. mudah-mudahan beliau memang tidak tahu, dan kecurigaan saya tidak mengena.

Juga kembali saya katakan bahwa ini juga keteledoran saya, karena pada saat mengembalikan Projector itu saya tidak menandatangani buku pengembalian barang. Itu tidak saya lakukan dulu karena pada saat saya mau menulis dan menandatangani buku itu, pemegang buku Nyoman Kariawan mengatakan tidak menemukan bukunya itu, dan beliaunya akan berjanji akan memarafnya untuk saya dan menulis bahwa barang itu sudah saya kembalikan setelah menemukannya, dan bahkan ia pada waktu saya menayakan barang itu mengatakan bahwa ia telah mengisi buku pengembalian barang itu untuk saya, dan bahkan sudah memarafnya, tapi ia tidak menunjukkan buku itu ke saya. Ini menjadi aneh dan semakin aneh buat saya. Akhirnya saya putuskan untuk membahasnya keesokkan harinya pada saat rutin tanggal 10 Januari 2012 besok. Nah kalau cerita ini saya tutup, selain ketelecdoran saya, siapa lagi yang harus bertanggungjawab terhadap keberadaan LCD Projector ini?

Leave a Reply

