Minggu, 06 Februari 2011

Nyoman JabrigHari ini Minggu, 06 Februari 2011 seluruh anggota masyarakat Desa Pekraman Glaiukir pada bergegas untuk ngaturang ayah di Pura Puseh dan Desa (Batur). Tetapi sayang aku tidak bisa ikut ngaturang ayah, kebetulan pada hari ini badan terasa kurang enak, perut mules dan mual-mual. Di samping itu, kepala terasa pusing dan muter-muter. Sedih rasanya tidak bisa ngaturang ayah, walaupun sebenarnyalah aku tidak kena ayahan seratus persen, dengan kata lain setengah ngopog. Hal tersebut sudah dimaklumi oleh para juru adat Desa Pekraman. Namun, tetap saja saya merasa tidak enak dengan lingkungan sekitar karena seharusnya hari ini saya ikut ke pura untuk melakukan kewajiban Dharma sebagai seorang warga.

Sesekali aku merasa gelisah karena ada kontradiksi di dalam hati, antara harus istirahat dengan keinginan untuk ngaturang ayah dan berbaring di tempat tidur atau kutakkatik tulisan mengungkapkan perasaan hati. Mungkin memang benar, saya harus banyak istirahat hari ini, beberapa bulan kebelakang aku memang sangat disibukkan oleh pekerjaan rutin saya sebagai guru di SMP Negeri 4 Pupuan. Sibuk bahkan kalau bisa dikatakan sangat sibuk, karena aku harus mengambil pekerjaan sebagai seorang sekretaris SSN yang program kerjanya sudah harus dijalankan mulai bulan Desember 2010 yang lalu. Semestinyalah aku tidak sesibuk yang aku lakukan selama ini, terkadang aku sampai berjam-jam duduk di depan komputer untuk mengerjakan administrasi pelatihan yang dilaksanakan oleh SSN. Bukan hanya itu yang membuat aku merasa kelelahan, aku juga harus mempersiapkan jadwal, pelaporan sampai pada mendatangkan narasumber. Kalau saja bisa diungkapkan, pekerjaan yang saya lakoni selama ini semestinya sebagian diambil oleh Ketua SSN dan juga Penanggungjawab. Kemungkinan itulah yang membuat aku hari ini merasa kelelahan dan harus istirahat banyak untuk mempersiapkan pekerjaan dihari-hari mendatang.

Hari semakin siang, suasana lahir dan bathin semakin dak menentu. Beberapa saat yang lalu saya mendapat SMS dari Pak Arya Oka (Dosen Undiksha) bahwa beliau mengkonfirmasikan bahwa Jadwal Pelatihan KTSP dan Pengembangan Pembelajaran mau akan dilaksanakan hari Jum’at dan Sabtu ini. Saya jadi semakin tambah ribet berfikir karena pada hari-hari itu anak-anak kami masih menjalani Pemantapan Ujian. Tapi walaupun begitu saya tetap berterimakasih sama beliau (Pak Oka), karena beliau dan teman Proffesornya akan mau memberikan kami materi Pelatihan tersebut. Mudah-mudahan hal ini disetujui oleh Ketua SSN dan Kepala Sekolah.

Leave a Reply

